Mengenal Gaya Berkomunikasi dan Mengatasi Masalah dengan Cara yang Sesuai

Home/Artikel, News/Mengenal Gaya Berkomunikasi dan Mengatasi Masalah dengan Cara yang Sesuai

Mengenal Gaya Berkomunikasi dan Mengatasi Masalah dengan Cara yang Sesuai

Manusia merupakan makhluk hidup yang cukup unik karena diciptakan untuk memiliki karakter yang berbeda-beda setiap orangnya. Hal ini juga mencakup gaya komunikasi masing-masing orang yang sudah pasti berbeda-beda. Apakah Anda telah memahami gaya komunikasi seperti apa yang dimiliki masing-masing orang serta bagaimana cara mengatasi masalah yang mungkin timbul. Berikut adalah rangkuman singkat untuk mengenal gaya berkomunikasi dan mengatasi masalah yang muncul dengan cara yang sesuai.

Apakah Anda adalah tipe orang yang banyak menyampaikan pendapat pribadi dalam berkomunikasi atau Anda adalah orang yang selalu memimpin sebuah diskusi? Atau mungkin Anda lebih cenderung mendengarkan dengan seksama dan detail? Setiap individu pasti memiliki cara berkomunikasi masing-masing. Beragam gaya yang berbeda inilah yang perlu untuk lebih diperhatikan sehingga ketika timbul sebuah permasalah dapat diatasi dengan cara yang tepat dan sesuai.

Mengenal Gaya Berkomunikasi dan Mengatasi Masalah dengan Tepat

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang mengenal gaya berkomunikasi dan mengatasi masalah yang mungkin muncul, mari simak penjelasan dalam artikel di bawah ini.

  1. Gaya Pengontrol

Gaya komunikasi tipe pengontrol ini juga sering dikenal dengan istilah komunikasi satu arah dimana si pembicara menyampaikan pesan dengan tujuan agar pendengar fokus pada si pembicara saja. Di sisi lain, si pembicara juga tidak begitu membutuhkan tanggapan dari pendengar maupun reaksi yang diberikan oleh pendengar. Dengan memberikan penjelasan yang tepat, Anda dapat mencoba mengurangi sifat memaksa dari jenis gaya komunikasi ini.

 

  1. Gaya Setara

Gaya berkomunikasi yang setara yakni jenis yang mencoba untuk menyetarakan posisi si pembicara dan pendengar dimana keduanya mendapatkan porsi yang seimbang ketika sedang berkomunikasi. Dengan kata lain, jenis komunikasi ini memiliki sifat komunikasi dua arah. Gaya komunikasi yang seperti ini adalah salah satu tipe yang ideal karena memberikan kesempatan yang sama terhadap masing-masing individu guna mencapai kesepakatan bersama.

 

  1. Gaya Komunikasi Terstruktur

Tipe yang satu ini akan membuat pendengar menjadi lebih terfokus kepada hal-hal yang bersifat struktural seperti jadwal, aturan, tujuan dan lain sebagainya. Jika timbul masalah atau kesalahpahaman antar anggota, maka dapat Anda coba atasi dengan saling mendengar satu sama lain sehingga detail yang belum tersampaikan dengan jelas dapat dipahami oleh seluruh anggota yang tergabung dalam diskusi atau percakapan.

 

  1. Gaya Dinamis

Seorang superviser ataupun juru kampanye biasanya menerapkan komunikasi dengan gaya dinamis kepada para pegawai atau peserta kampanye. Hal ini disebabkan karena komunikasi gaya dinamis bersifat lebih agresif ketika pembicara sedang menyampaikan sebuat pesan atau materi. Tidak hanya itu, komunikasi tipe ini juga memastikan bahwa hasil yang ingin dituju dapat tercapai dengan baik.

 

  1. Gaya Komunikasi Pasif

Pribadi dengan tipe ini juga sering kita temukan di kehidupan sehari-hari. Orang dengan tipe pasif cenderung untuk sedikit berbicara atau menyampaikan pendapat mengenai suatu hal. Mereka akan lebih banyak mendengar dibandingkan berbicara. Untuk menghadapi individu dengan tipe pasif, Anda hanya harus memastikan bahwa Anda dapat memberikan orang tersebut waktu yang sedikit lebih lama sehingga mereka akan lebih percaya diri dalam mengutarakan pendapat masing-masing.

Demikianlah penjelasan tentang mengenal gaya berkomunikasi dan mengatasi masalah dengan cara yang sesuai. Apabila Anda telah memahami gaya komunikasi seperti apa yang dimiliki oleh seseorang, maka akan lebih mudah bagi Anda untuk menghadapi masalah yang mungkin terjadi.

By | 2018-09-21T07:20:32+00:00 September 10 2018|Artikel, News|0 Comments

Leave A Comment